HIDUPKAN DESA! MAHASISWA KKN TIM II UNDIP 2023 CIPTAKAN PROGRAM DESA CERDAS SEBAGAI UPAYA MEMANFAATKAN LIMBAH PERTENAKAN, RUMAH TANGGA, DAN PLASTIK

  • Desa Keniten
  • Aug 16, 2023

Desa Keniten, Kabupaten Batang (25/07/2023) – Program Kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro Tim II 2023 telah melaksanakan program multidisiplin. Salah satu program yang telah dilaksanakan adalah pelatihan mengenai pentingnya memanfaatkan barang bekas. Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut, mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2023 menyelenggarakan Program Desa Cerdas di Balai desa. Tujuan dari program ini adalah mengatasi permasalahan mengenai limbah peternakan, limbah rumah tangga, dan limbah plastik dengan memanfaatkannya menjadi barang yang lebih bermanfaat.

 

Program ini dilakukan dengan menyampaikan video tutorial  tentang pembuatan anyaman tikar dari kemasan plastik bekas dan vertical garden berbahan dasar botol air mineral bekas, selain itu terdapat pula penyampaian materi pemanfaatan limbah ternak dan limbah rumah tangga menjadi media budidaya pengembangbiakan maggot kepada masyarakat, khususnya para peternak. Selain itu, program ini juga mengajarkan pemanfaatan limbah plastik menjadi Ecobrick dan kerajinan lainnya. Diharapkan program ini dapat menjadi inovasi baru yang menambah nilai guna dari limbah-limbah tersebut serta meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Keniten, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang. Melibatkan Ibu-ibu PKK dalam kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

 

Desa Cerdas merupakan program praktik dan pembelajaran yang mencakup praktik pembuatan tikar plastik dari plastik kemasan dan praktik pembuatan vertical garden dari botol air mineral bekas. Program ini dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2023 dan bertempat di Balai Desa. Peserta yang mengikuti kegiatan Desa Cerdas adalah 25 Ibu-ibu PKK. Sebelum melaksanakan program Desa Cerdas, mahasiswa KKN Tim II UNDIP melakukan observasi terlebih dahulu dengan cara berkeliling desa dan berinteraksi dengan warga untuk mendapatkan informasi lebih banyak.

 

Diharapkan hasil dari program ini memberikan dampak positif bagi Ibu-Ibu PKK di Desa Keniten dan sekitarnya, serta menjadi contoh bagi daerah lain tentang manfaat dari pengelolaan limbah plastik.