Perkuat Administrasi Desa, KKN Tim 1 UNDIP Bekali Pelatihan Software Bagi Perangkat Desa

  • Desa Keniten
  • Feb 09, 2023
BERITA, KEGIATAN

Batang – Di era digital 4.0 dewasa ini, perkembangan teknologi yang sangat pesat menjadi konsekuensi yang tak terhindarkan serta memerlukan adaptasi dari seluruh elemen masyarakat. Teknologi memungkinkan manusia untuk melakukan aktivitasnya secara lebih efektif dan efisien. Menyadari fenomena ini, Pemerintah Indonesia melakukan digitalisasi secara masif terhadap keberjalanan birokrasi pemerintahan yang mana mencakup hingga ke tingkatan desa. Desa Keniten yang terletak di Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang menjadi salah satu desa yang sedang berupaya untuk menjadi desa mandiri yang melek terhadap teknologi. Akan tetapi, masih terdapat kesulitan dan kendala terkait pemanfaatan teknologi dalam keberjalanan birokrasi pemerintahan Desa Keniten sehingga beberapa pekerjaan administrasi dalam birokrasi pemerintahan desa masih dilakukan secara manual. Ini tentu saja memerlukan tenaga, pikiran, dan waktu yang banyak sehingga tak jarang pekerjaan dilaksanakan dengan kurang efektif serta efisien. 

Oleh karena itu, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Tim I Tahun 2023 Universitas Diponegoro (Undip) berinisiatif untuk mengentaskan permasalahan ini dengan cara menginisiasi program multidisiplin berupa pelatihan operasional software Microsoft Word dan Microsoft Excel dengan melibatkan metode praktik secara langsung. 

Program multidisiplin tersebut dilaksanakan pada tanggal 1 dan 2 Januari 2023 di Balai Desa Keniten yang dihadiri oleh perangkat Desa Keniten sebagai peserta. Materi mengenai cara pengoperasian Microsoft Word dipaparkan oleh Mohammad Rozan Fahreza sedangkan materi mengenai pengoperasian Microsoft Excel dipaparkan oleh Revina Nurrahmi. Adapun mahasiswa lainnya aktif mendampingi perangkat desa untuk langsung mempraktikkan materi-materi yang dipaparkan. Pengoperasian Microsoft Word dan Microsoft Excel secara benar akan memudahkan perangkat desa untuk melaksanakan pekerjaan-pekerjaan administrasi seperti surat-menyurat, penghitungan jumlah penduduk, aritmatika sederhana, ataupun rekapitulasi data secara efektif dan efisien. Kemudian, tak lupa pula output berupa modul lengkap cara operasional Microsoft Word dan Microsoft Excel dicetak sebagai pedoman bagi perangkat Desa Keniten. Diharapkan permasalahan terkait pemanfaatan teknologi khususnya berupa pengoperasian Microsoft Word dan Microsoft Excel di Desa Keniten dapat teratasi.