Sayangi Lingkungan, Mahasiswa KKN UNDIP Ubah Minyak Jelantah Menjadi Sabun Cair

  • Desa Keniten
  • Feb 10, 2023
BERITA, KEGIATAN

Batang (25/01/2023) Minyak goreng merupakan bahan pangan dengan komposisi utama trigliserida berasal dari bahan nabati yang lazim digunakan untuk menggoreng. Minyak goreng setelah digunakan berulang kali akan berubah menjadi minyak jelantah. Minyak jelantah yang digunakan berulang akan dapat menyebabkan penyakit karena rusaknya minyak goreng yang ditandai dengan perubahan pada warna dan bau minyak.

Minyak jelantah masih belum dimanfaatkan secara luas di Desa Keniten, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang. Sebagian besar masyakarat masih membuang minyak jelantah ke sembarang tempat, seperti selokan dan pekarangan. Hal ini dapat menyebabkan pencemaran lingkungan berupa pencemaran air dan tanah.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Muhammad Kersaning Alam, mahasiswa KKN UNDIP jurusan Teknik Kimia, memberikan sosialiasi pemanfaatan limbah minyak jelantah menjadi sabun cair. Sosialisasi dilakukan kepada Ibu-Ibu PKK Desa Keniten pada Rabu, 25 Januari 2023 dengan tujuan pemberdayaan terkait pembuatan produk sabun cair berbahan limbah minyak jelantah.

Pelaksanaan sosialisasi berjalan lancar ditunjukan dengan antusiasnya Ibu-Ibu PKK mengikuti kegiatan yang dilaksanakan, yaitu pemberian materi mengenai limbah rumah tangga dan dilanjutkan dengan pembuatan sabun cair berbahan limbah minyak jelantah.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memberdayakan masyarakat Desa Keniten untuk mengolah limbah minyak jelantah agar tidak mencemari lingkungan dan memberikan inovasi pembuatan produk yang bernilai jual lebih tinggi sehingga dapat menambah penghasilan masyarakat Desa Keniten, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang.