Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat oleh Mahasiswa KKN Undip

  • Desa Keniten
  • Feb 10, 2023
BERITA, KEGIATAN

Batang (21/01/2023) - Berbagai macam penyakit sering menyerang anak-anak usia sekolah umumnya berkaitan dengan belum dijalankannya perilaku hidup bersih dan sehat. Penyakit tersebut dapat mengganggu aktivitas tumbuh dan berkembang bagi anak-anak. Pembiasaan hidup bersih dan sehat dapat menjadi solusi mencegah penyakit tersebut. Oleh karena itu diperlukan sosialisasi tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada anak-anak.

 

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 1 Universitas Diponegoro (UNDIP) melakukan sosialisasi Pentingnya Hidup Bersih dan Sehat di SDN Keniten, Kecamatan Pecalungan. Kegiatan tersebut berlangsung pada Sabtu, 21 Januari 2023 mulai pukul 10.00 hingga 11.00 WIB. Kegiatan yang digagas oleh Muhammad Kersaning Alam, mahasiswa Teknik Kimia Universitas Diponegoro berlangsung dengan lancar berupa pemberian sosialisasi hidup bersih dan sehat kepada siswa-siswi kelas 1-4 SDN Keniten.

 

Program ini berfokus pada penyadaran dan pemahaman kepada siswa-siswi untuk selalu berperilaku hidup bersih dan sehat serta menjaga kebersihan lingkungan sehari-hari.

Materi yang disampaikan berupa pengertian mengenai hidup bersih dan sehat. Kemudian langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan, seperti cuci tangan pakai sabun, konsumsi makanan bergizi, dan membuang sampah pada tempatnya, serta berolahraga secara rutin. Harapannya siswa-siswi SDN Keniten dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari.