SOSIALISASI TERKAIT ELEMEN-ELEMEN KULTURAL SEBAGAI BASIS PEMBUATAN KEBIJAKAN DESA OLEH MAHASISWA UNDIP KEPADA PERANGKAT DESA

  • Desa Keniten
  • Feb 09, 2023
BERITA, KEGIATAN

Batang (01/02/2023) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro memberikan sosialisasi terkait aspek kultural sebagai basis elemen menyusun kebijakan desa.

Program ini digagas oleh Mohammad Rozan Fahreza, jurusan Antropologi Sosial yang pelaksanaannya tepat pada hari Selasa, 1 Februari 2023 di balai desa Keniten, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang.

Dasar dari dilaksanakannya program ini ialah lantaran di Indonesia tidak pernah lepas dari berita-berita konfilk, intoleransi umat beragama, kekerasan warga, permusuhan golongan etnis, agama, dan komunitas masyarakat. Sehingga menjadi penting untuk memberikan pemahaman dan edukasi terkait pengelolaan kebijakan dalam pelaksanaan kegiatan terutama di tingkatan paling rendah, yaitu desa.

Materi yang disampaikan dalam program ini berfokus tentang pengelolaan sumber daya kultur dan manusia sebagai kelompok masyarakat agar tercipta rasa damai dalam batin setiap individu warga. Kultur merupakan elemen yang harus dipahami oleh setiap orang yang memiliki tanggung jawab mengelola masyarakat termasuk pula perangkat desa saat mengadakan kegiatan di desa atau dusun.

Kegiatan-kegiatan yang berkonsep merawat perdamaian harus senantiasa digalakkan seperti kegiatan olahraga terutama sepakbola dan voli di sore hari, kegiatan keagamaan terutama tahlilan, shalawatan, selapanan, dan ritual selametan, hingga kegiatan kesenian seperti karnaval marching pring yang diadakan setiap tahunnya.